Wiranto Mengaku Maju Jadi Ketua PBSI Bukan Karena Cari Kerjaan

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto ternyata juga memiliki ambisi di luar bidang pemerintahan.

Ambisi itu yakni memajukan kejayaan olahraga bulu tangkis Indonesia. Oleh sebab itu, dia berani untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).  

“Saya mau maju itu bukan karena mau cari kerjaan, cari terkenal, bukan lagi untuk karier,” ujar Wiranto saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (27/10/2016).

“Saya ini pemain bulu tangkis yang tahu bulu tangkis, dan ingin memajukan bulu tangkis Indonesia. Kita kembalikan kejayaan bulu tangkis Indonesia seperti dulu,” kata dia. 

Wiranto mengaku ingin menyumbangkan pengalamannya saat memegang tiga pengurus cabang olahraga seperti taekwondo, karate, dan bridge.

Dia pun menilai prestasi tim bulutangkis Indonesia saat ini tidak lagi mengalami kejayaan. Padahal, dulu Indonesia selalu disegani karena sering menyandang gelar juara. 

Wiranto mencontohkan beberapa atlet seperti Rudi Hartono dan Tan Joe Hok yang pernah membawa Indonesia pada puncak kejayaan bulu tangkis.

“Saya memahami bagaimana kira-kira memajukan satu olahraga,” kata Wiranto. 

“Sekarang ini kan, single, double, putra dan putri, seakan-akan bukan lagi milik Indonesia. Harusnya kita membangun kembali negara bulu tangkis yang disegani,” ucapnya.  

Namun, dia menyadari, kemajuan bulu tangkis Indonesia tergantung pada dukungan dan sikap masyarakat Indonesia. Bagi Wiranto, untuk menuju kejayaan perlu melalui berbagai proses.

“Ini pun tentunya tergantung pada masyarakat bulu tangkis Indonesia, menghargai apa enggak pengorbanan dan niat saya untuk memajukan bulutangkis,” ujarnya.

Wiranto resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PP Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) periode 2016-2020.

Dia mengaku telah mendapatkan izin dari Presiden Joko Widodo sebelum maju dalam bursa pencalonan. (Baca: Jadi Calon Ketum PBSI, Wiranto Sudah Dapat Izin Jokowi)

Pendiri Partai Hanura itu maju setelah mendapatkan dukungan dari 22 pengurus provinsi PBSI.

Pengurus provinsi yang mendukungnya adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Banten, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Papua, Papua Barat, Lampung, Riau, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah dan Aceh.

Kemudian, Bangka Belitung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Maluku Utara, dan Bengkulu.

“Sebenarnya saya ingin istirahat dari organisasi olahraga setelah memimpin tiga organisasi yaitu pada karate, taekwondo, dan bridge. Tapi, saya melihat prestasi bulu tangkis Indonesia masih dapat ditingkatkan lagi,” kata dia.

Kompas TV Wiranto Maju Dalam Pemilihan Ketua Umum PBSI

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/28/08243951/wiranto.mengaku.maju.jadi.ketua.pbsi.bukan.karena.cari.kerjaan

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>