Valentino Rossi, Dua Masalah, Dan Sirkuit Indoor

LOSAIL, KOMPAS.com – Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, setuju dengan pembatalan sesi kualifikasi GP Qatar, Sabtu (25/3/2017).

Sesi harus dibatalkan karena lintasan Sirkuit Internasional Losail tak kunjung kering setelah terguyur hujan lebat. Tak adanya drainase di sirkuit ini membuat proses pengeringan semakin sulit.

“Masalah pertama adalah bahwa saya harus memulai balapan dari posisi start ke-10,” kata Rossi, Sabtu malam.

Karena sesi kualifikasi dibatalkan, penentuan posisi start dilakukan berdasarkan hasil kombinasi dari latihan bebas pertama hingga ketiga, dan Rossi berada di urutan ke-10.

“Masalah kedua adalah bahwa sepanjang tes pramusim dan sesi latihan (GP Qatar), kecepatan saya tidak pernah bagus,” kata pebalap 38 tahun tersebut.

“Jadi, menurut saya, besok (Minggu) akan sangat penting. Jika kami bisa mendapatkan setting lebih baik sehingga kecepatan saya bertambah, saya bisa membalap dengan baik. Kita lihat nanti,” ujar dia lagi.

Soal balapan malam di Qatar saat hujan turun, Rossi mengatakan beberapa hal yang harus diperhatikan.

“Kami harus mencoba turun ke lintasan (dalam kondisi basah) dengan motor MotoGP untuk mengetahuinya,” kata pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut.

“Menurut saya, (refleksi) cahaya lampu saat hujan bisa jadi masalah. Jadi, kami harus mencoba lebih dulu. Namun, ini fitty-fifty, mungkin iya, mungkin tidak,” kata dia lagi.

Rossi lalu menegaskan bahwa yang pertama harus dilakukan pemerintah Qatar adalah membuat drainase atau saluran air yang memadai.

Dia lalu bercanda bahwa mungkin Qatar harus mulai mempertimbangkan untuk membuat sirkuit indoor atau beratap.

“Mereka membuat sirkuit ini tanpa mempertimbangkan akan terjadi hujan, karena sebelumnya memang tidak pernah hujan,” kata Rossi.

“Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sepertinya secara umum kondisinya berubah. Jadi, menambahkan atap akan jadi ide bagus! Sudah pasti! Dengan pendingin ruangan (AC)!” ujar dia menambahkan.

Rossi dan para pebalap MotoGP lainnya dijadwalkan menjalani balapan GP Qatar pada Minggu (26/3/2017) mulai pukul 21.00 waktu setempat (Senin 01.00 WIB).

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2017/03/26/16075011/valentino.rossi.dua.masalah.dan.sirkuit.indoor

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>