Sean Gelael Jalani Tes Pramusim Formula 2 Di Bahrain

SAKHIR, KOMPAS.com – Pebalap Indonesia, Sean Gelael, tengah menjalani tes pramusim kedua Formula 2 2017 bersama tim Pertamina Arden di Sirkuit Sakhir, Bahrain, 29-31 Maret.

Tes diwarnai perubahan cuaca yang menjadi tantangan tersendiri bagi pada pebalap. Lintasan balap berubah dari kering menjadi basah, lalu kering lagi.

“Ya ini simulasi yang bagus,” kata Gaetan Jego, kepala engineer Tim Pertamina Arden, dalam rilis yang diterima KOMPAS.com.

Sesi latihan sore pada hari pertama, Rabu (29/3/2017), sempat dihentikan karena hujan lebat mengguyur sirkuit. Kesempatan ini dimanfaatkan semua tim untuk membaca data dan mengevaluasi performa mobil.

Pada tes di Bahrain, Pirelli sebenarnya hanya menyediakan dua tipe ban yakni medium (prime) dan soft (option). Setiap pebalap akan disuplai masing-masing lima set ban prime dan dua set ban option.

Dengan perubahan cuaca dan hujan lebat, tim terpaksa memakai tambahan ban basah. Situasi seperti ini harus bisa diantisipasi tim pada sesi latihan selanjutnya.

Pada sesi latihan pagi, Sean hanya melahap sembilan putaran. Dengan catatan waktu terbaik 1 menit 42,632 detik, Sean harus puas di posisi ke-14.

Sementara itu, rekan satu tim Sean, Norman Nato, melahap sepuluh putaran dengan torehan waktu terbaik 1 menit 41,718 detik dan berada di posisi keempat pebalap tercepat.

Adapun posisi teratas dikuasai pebalap tim Prema Racing, Charles Leclerc, dengan catatan waktu tercepat 1 menit 41,454 detik dari 15 putaran yang dia lakukan.

Pada sesi sore, dengan adanya perubahan cuaca dan kondisi lintasan, Sean mencetak waktu terbaik 1 menit 48,224 detik dan berada di urutan ke-17. Nato di posisi ke-12 dengan torehan waktu terbaik 1 menit 46,154 detik.

Posisi tercepat dikuasai pebalap Russian Times, Luca Ghiotto, dengan catatan waktu 1 menit 42,003 detik.

 

???? pre game before hitting the track here in Bahrain. #SunsOutGunsOut

A post shared by Sean Gelael (@gelaelized) on Mar 28, 2017 at 2:48am PDT

Sebelum turun pada tes di Bahrain, para pebalap Formula 2 ini sudah menjalani tes di Circuit de Barcelona-Catalunya, 13-15 Maret.

Menurut Sean, dari hasil tes pertama, komunikasi di tim Pertamina Arden sudah terbangun cukup baik.

Di Barcelona, Sean sempat mengalami kendala elektrik dan handling pada mobilnya. Namun, semua input yang diberikan Sean bisa diterjemahkan dengan baik oleh engineer dan tim mekanik.

Sejauh ini, Sean cukup puas dengan bimbingan Jego yang menjadi kepala engineer di timnya.

Hasil impresif pada tes pertama di Barcelona menjadikan tim Pertamina Arden sebagai salah satu tim yang diperhitungkan pada musim balap tahun ini.

Nato menjadi yang tercepat pada tes pertama di Barcelona. Dia mencatat putaran terbaik 1 menit 27,834 detik pada hari ketiga tes.

Pada musim 2017, ajang balap yang sebelumnya bernama GP2 Series ini akan diikuti 20 pebalap dari sepuluh tim.

Seri pertama Formula 2 musim ini akan digelar di Sirkuit Sakhir pada 14-16 April. Secara keseluruhan, persaingan Formula 2 2017 akan berlangsung dalam 11 seri.

PERTAMINA ARDEN Pebalap Pertamina Arden asal Indonesia, Sean Gelael, memacu mobilnya pada hari pertama tes pramusim kedua Formula 2 2017 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Rabu (29/3/2017).

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2017/03/30/17261301/sean.gelael.jalani.tes.pramusim.formula.2.di.bahrain

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>