Restoran Dari Singapura Ini Hadir Di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Michelin Guide adalah panduan yang memuat daftar restoran dan hotel rekomendasi dari suatu negara. Untuk masuk ke buku panduan ini, sebuah hotel atau restoran mengalami proses kurasi yang lumayan ketat, hingga akhirnya mendapat peringkat bintang yang menyatakan kualitas.

Tak heran jika masuk buku Michelin Guide yang diluncurkan satu tahun sekali ini termasuk bentuk pembuktian.

Kabar gembiranya, salah satu restoran dari Singapura yang termasuk dalam Michelin Guide Singapura tahun 2016, Putien hadir di Indonesia. Restoran yang diberi peringkat satu bintang oleh Michelin Guide ini berada di Mall PIK Avenue lantai satu, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Putien mengusung tema oriental peranakan yang nampak dari segi dekorasi juga hidangan. KompasTravel sempat menjajal Putien saat acara pembukaan yang berlangsung pada Selasa (1/11/2016). Dari segi dekorasi Putien memberikan nuansa twist antara modern dan gaya peranakan klasik. Warna toska mendominasi restoran yang memiliki kapasitas 212 orang ini.

Sama halnya dengan restoran hidangan oriental, Putien memberi konsep makan bersama keluarga. Tersedia juga empat VIP room bagi tamu yang lebih memilih privasi saat makan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Ruang VIP di restoran Putien.

Untuk rasa makanan, KompasTravel menyantap salah satu hidangan khas Putien yakni Fried Heng Hwa Bee Hoon. Hidangan ini adalah bihun yang ditumis dengan seafood segar. Tampilan bihun tak seperti bihun di Indonesia yang kebanyakan diberi kecap.

Fried Heng Hwa Bee Hoon justru bewarna pucat namun begitu tetap kaya rasa, dari penggunaan hidangan laut segar seperti udang, kerang tiram, jamur shitake, rumput laut dan juga sayuran sehingga memberi tekstur yang menonjol saat dimakan.

Elemen penting lainnya adalah sambal khas Putien yakni Spice Mum Chili Sauce, yang menonjolkan rasa makanan. Sambalnya terbilang cair, terasa asam, manis, pedas, dan memiliki rasa bawang putih yang kuat. Cocok untuk menemani hidangan oriental. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Sambal khas dari restoran PutienSpice Mum Chili Sauce.

Saat memesan hidangan di Putien, pramusaji memberi pilihan tiga ukuran hidangan yang dimulai dari small, medium, dan large. Sehingga porsi makanan dapat menyesuaikan jumlah tamu dan tak mubazir. 

Harga makanan di Putien secara keseluruhan cukup terjangkau. Dimulai dari Rp 30.000 – Rp 280.000. Sedangkan untuk minuman, dimula dari harga Rp 15.000 – Rp 65.000. Waktu operasional Putien buka dari pukul 11.00 – 22.00.

Putien yang dibuka pada tahun 2000 dan dimulai dari kedai kopi di Kitchener Road Singapura, saat ini berkembang dengan 25 outlet yang tersebar di Singapura, Indonesia, Malaysia, Hongkong, Shanghai, dan Taiwan.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/08/150100727/restoran.dari.singapura.ini.hadir.di.jakarta

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>