Pulang Dari Alor, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Ini

KALABAHI, KOMPAS.com – Selesai berwisata di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) tak ada salahnya untuk membawa buah tangan khas Alor. Ada beberapa hasil bumi atau kerajinan khas yang berasal dari Alor.

Oleh-oleh apa yang wajib dibawa dari Alor? Berikut rekomendasi dari Kepala Dinas Pariwisata Alor, Florence Gorang Mau saat ditemui di acara Media Trip Alor bersama WWF Indonesia, di Kalabahi, Alor, Nusa Tenggara Timur, Rabu (22/3/2017).

1. Kain tenun

Daerah Nusa Tenggara memang terkenal dengan kemampuan para perempuannya untuk menenun kain.

Di Alor, para perempuan dari Pulau Ternate terkenal andal dalam menenun kain.

(BACA: Berapa Bujet Backpacking ke Alor?)

Salah seorang di antaranya adalah Sariat yang bermukim di Kampung Hula, Desa Alor Besar sekitar 30 kilometer dari Kota Kalabahi.

Sariat terbilang penenun istimewa karena berhasil menemukan lebih dari 100 warna dari bahan pewarna alami. Karya Sariat dan para perempuan Alor ini berhasil diboyong sampai luar negeri.

Kompas.com/Silvita Agmasari Penenun dari Alor, NTT.

Ciri khas kain tenun dengan motif ikan, penyu, dan kalajengking adalah motif khas Alor.

Harga kain tenun yang dijual Sariat sendiri beragam, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan.

(BACA: 5 Makanan Khas Alor Wajib Coba)

Pastinya jika membeli di Alor langsung akan jauh lebih murah ketimbang di Jakarta. Di rumah Sariat juga dapat menyaksikan para mama yang asyik menenun.

2. Jambu Mete

Tanah Alor merupakan tanah yang cocok untuk menanam jambu mete. Tak hanya jambu mete, kacang mete drngan kualitas baik juga dapat menjadi pilihan oleh oleh.

3. Kerajinan bambu

Pemerintah Kabupaten Alor memberdayakan penduduk Alor untuk belajar membuat kerajinan dari bahan bambu. Tak hanya terkenal indah, kerajinan bambu terkenal dengan kualitas yang baik.

4. Vanili, cengkeh, dan kopi alor juga terkenal sebagai tempat penghasil rempah dan kopi yang baik. Kontur pulau yang lengkap, dataran rendah dan dataran tinggi menghasilkan tanaman rempah kualitas baik.

ARSIP KOMPAS TV Tugu Kota Kalabahi, Alor, yang dikenal sebagai Bumi Kenari

5. Kenari

Ibu kota Kabupaten Alor, Kalabahi dikenal dengan sebutan Kota Kenari karena menghasilkan kenari dengan kualitas baik. Kenari dapat dengan mudah dibeli di pasar tradisional Kalabahi.

6. Jagung titi

Olahan jagung yang memiliki rasa mirip popcorn ini adalah camilan khas Alor. Bentuknya gepeng seperti keripik emping, yang pasti ini camilan sehat karena hanya disangrai, tak digoreng. Jagung titi biasanya dijual bersama kenari.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/03/30/102300527/pulang.dari.alor.jangan.lupa.bawa.oleh-oleh.ini

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>