Potensi Medali Tentukan Cabang Olahraga Asian Games 2018

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru bicara Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) 2018 Raja Parlindungan Pane mengatakan bahwa jenis cabang olahraga yang akan dipertandingkan mengacu kepada potensi medali kontingen Indonesia.

Hal itu diungkapkan Raja setelah Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla menyarankan INASGOC untuk mempertandingkan 36 cabang olahraga pada Asian Games 2018.

“Terkait cabang olahraga, belum kami sebut. Namun, ada penjelasan dari Pak Jusuf Kalla bahwa kami harus mengacu kepada Asian Games 2014 di Incheon,” kata Raja saat ditemui di kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Jakarta, Sabtu (25/3/2017).

“Nanti (soal 36 cabang olahraga) akan kami sampaikan ke OCA (Dewan Olimpiade Asia). Intinya, jangan sampai mencoret peluang medali Indonesia,” tutur Raja menambahkan.

Sebelum rapat bersama INASGOC pada Sabtu ini, pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sempat mengajukan opsi 38 hingga 39 cabang olahraga pada Asian Games 2018.

Usulan tersebut mengacu pula dari pertimbangan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) terkait potensi medali tuan rumah.

Rapat soal Asian Games 2018 hari ini turut membahas soal kesiapan fisik dan pembinaan atlet Indonesia, serta penyediaan berbagai sarana pendukung.

Rencananya, pada Minggu (26/3/2017) pukul 08.00 WIB, Jusuf Kalla beserta jajarannya akan melakukan peninjauan ke sejumlah tempat olahraga yang akan digunakan untuk Asian Games 2018.

Tempat yang akan dikunjungi adalah kompleks olahraga di Gelora Bung Karno, meliputi Stadion Utama, Istora Senayan, Stadion Akuatik, serta Wisma Atlet di Kemayoran.

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2017/03/25/19121171/potensi.medali.tentukan.cabang.olahraga.asian.games.2018

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>