Peta Persaingan “Hatchback” Di Awal Tahun

Jakarta, KompasOtomotif – Meski tidak seramai dulu, namun segmen hatchback tetap ada peminatnya. Dua model asal Jepang masih berlomba merebut takhta sebagai hatchback terlaris, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Berdasarkan data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Februari 2017 penjualan Jazz dan Yaris bersaing ketat. Jazz meraih penjualan 1.394 unit, sedangkan Yaris 1.335 unit, selisih 59 unit.

Model terlaris Jazz adalah tipe tertinggi, yakni Jazz RS transmisi otomatis dengan penjualan 1.123 unit. Begitu juga dengan Yaris, yang semuanya diraih oleh tipe S TRD Sportivo.

Persaingan keduanya sudah terasa sejak awal tahun 2017. Bila diakumulasi sepanjang Januari hingga Februari, Jazz masih memimpin dengan total 3.278 unit, sedangkan Yaris menempati urutan kedua dengan 2.600 unit.

Stanly/Otomania Segmen hatchback

Menariknya, diperingkat ketiga justru ditempati Kia Rio dengan penjualan sebanyak 45 unit pada bulan Februari. Setelah itu ada Hyundai dan Mazda yang masing-masing hanya mampu menjual delapan unit selama Februari.

Peringkat selanjutnya di tempati oleh Suzuki dengan Swift yang peminatnya mulai menipis, cuma empat unit. Angka ini selisih satu unit dengan penjualan VW Polo yang hanya tiga unit.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2017/03/22/072200715/peta.persaingan.hatchback.di.awal.tahun

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>