Pertamina Persempit Gerak SPBU Curang

Jakarta, KompasOtomotif – PT Pertamina (Persero) kini menambah program baru yang lebih ketat demi mempersempit ruang gerak para oknum SPBU curang. Program “Pasti Pas” sebagai prosedur utama memastikan takaran dan kualitas pelayanan dirasa kurang cukup.

Awal November 2016 ini, Pertamina Marketing Operation Region III yang menaungi wilayah operasi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten, meluncurkan program terbaru bernama Quality Quantity Cleanliness Inspection (QQCI).

Bersama Pasti Pas, program ini diklaim siap memastikan proses pelayanan di SPBU Pertamina sudah sesuai prosedur dan memenuhi harapan konsumen. Sebagai permulaan, program QQCI baru dilaksanakan di SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek.

Inspeksi rutin akan dilakukan ke SPBU Pertamina yang dipilih secara acak setiap Senin –Jumat, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Dalam setiap inspeksi rutin tersebut, para petugas QQCI yang berseragam lengkap melaksanakan proses sesuai prosedur.

Pertama, memeriksa takaran BBM dengan menggunakan alat ukur, sekaligus menilai langsung kondisi nozzle. Penilaian dilanjutkan dengan kondisi kebersihan dan kelayakan fasilitas pendukung, seperti musholla, toilet, toserba, halaman depan dan dalam SPBU, serta fasilitas lainnya.

”Kalau ditemukan ada yang tidak sesuai, tim Pertamina langsung sigap bertindak. Jika hasilnya memuaskan, kami bekerja keras menjaga agar tetap memberikan pelayanan terbaik,” ucap Yudi Nugraha, Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat, via siaran resmi (22/11/2016).

Wawancara

Demi mendapat feedback langsung dari konsumen, para petugas QQCI juga melakukan wawancara langsung di lokasi ketika para konsumen selesai melakukan pengisian BBM, atau menggunakan fasilitas yang ada di SPBU Pertamina.

Konsumen bebas mengatakan pendapatnya terkait kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan SPBU. Cara ini diharapkan mampu memberi pengembangan pelayanan sesuai dengan harapan.

Program QQCI berjalan seiring dengan audit Pasti Pas yang sejak lama berlangsung bekerjasama dengan TUV Rheinland dan Sucofindo. Setiap hasil QQCI bakal diintegrasikan secara simultan dengan program audit Pasti Pas. Tujuannya semua SPBU Pertamina harus lolos sertifikasi Pasti Pas dan Pasti Prima.

Pertamina mengajak masyarakat unutk turut serta melakukan pengawasan terkait pelayanan di SPBU dengan cara menghubungi Pertamina Contact Center dengan nomor 1-500-000 (24 jam).

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/23/092700815/pertamina.persempit.gerak.spbu.curang

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>