Perjalanan Dari Brussel Ke Den Haag, Mampirlah Di Antwerp

KOMPAS.com – Berada di Eropa, setiap kali harus bepergian ke kota tertentu menggunakan jalur darat, saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk bersinggah ke kota-kota unik yang berada di antaranya.

Saya ingin berbagi pengalaman mengenai perjalanan saya dari Brussel ke Den Haag. Melihat peta, salah satu kota yang menurut saya menarik untuk disinggahi dalam perjalanan saya adalah kota Antwerp di Belgia.

Antwerp adalah ibu kota Provinsi Antwerp yang berada di Flanders Region, Belgia.

Kota ini menjadi salah satu pusat fashion di Belgia dan sangat terkenal akan penjual berliannya. Banyak terdapat bangunan bersejarah serta katedral yang sangat menarik untuk dilihat.

(BACA: Menyusuri Brugge, Kota Terindah di Belgia)

Dari Brussel ke Antwerp saya menggunakan kereta api dari Stasiun Bruxelles Central dengan tarif 7,6 Euro satu kali jalan.

Perjalanan dari Brussel ke Antwerp memakan waktu hampir satu jam.

ARYA DARU PANGAYUNAN Detail ornamen Stasiun Antwerp Central di Belgia.

Saya berangkat dari Brussel di pagi hari dan berharap dapat menjelajahi Antwerp sepanjang siang dan naik kereta menuju Den Haag di sore hari.

Setibanya di Stasiun Antwerp Central, saya tercengang melihat kemegahan stasiunnya.

Stasiun yang selesai dibangun pada tahun 1905 ini memiliki arsitektur yang sangat indah.

(BACA: Menikmati Ketenangan di Desa Giethoorn, Belanda)

Pada tahun 2014, menurut majalah Mashable, stasiun ini dinilai sebagai stasiun kereta api terindah di dunia.

Sebelum menjelajahi kota Antwerp, saya terlebih dahulu membeli tiket menuju Den Haag seharga 27 Euro.

Jika ingin harga tiket lebih murah, saya sarankan untuk membelinya jauh-jauh hari sebelumnya melalui internet menggunakan kartu kredit.

ARYA DARU PANGAYUNAN Gerbang China Town berhadapan dengan Stasiun Antwerp Central di Belgia.

Karena saya membawa banyak barang dan tidak ingin repot membawanya selama jalan-jalan di Antwerp, saya menitipkan barang-barang saya di locker facility di Stasiun Antwerp Central.

Biaya untuk locker kecil 4,5 Euro, sedang 5 Euro, dan besar 5,5 Euro, dengan waktu penitipan maksimal 24 jam.

(BACA: Jalan-jalan ke Belanda, Nikmati Sunset di Afsluitdijk, Indahnya…)

Keluar dari stasiun anda dapat berjalan melalui Diamond District atau Distrik Berlian yang letaknya sangat dekat dari stasiun.

Diamond District di Antwerp merupakan yang terbesar di dunia dan menjadi surga bagi para pecinta berlian.

Setiap berkunjung ke sebuah kota di Eropa, tentu yang dituju adalah Centrum atau pusat kotanya.

(BACA: Berlibur di Eropa, Waspadai Copet)

Setelah melalui Diamond District kita dapat berjalan melalui De Keyserlei, jalan utama menuju pusat kota. Jalan utama tersebut dipenuhi kafe-kafe, restoran-restoran, serta toko-toko mulai dari butik lokal hingga outlet internasional.

ARYA DARU PANGAYUNAN Stadhuis di Antwerp, Belgia

Jika anda berniat belanja, saya sarankan untuk tidak berkunjung di hari Minggu karena sebagian besar butik dan toko tutup pada hari Minggu.

Namun tidak dengan kafe, di mana hampir semua kafe dan restoran tetap buka.

Di pusat kota, anda akan dimanjakan oleh pemandangan bangunan-bangunan yang sangat indah dengan gaya Renaissance, termasuk Groenplaats, sebuah plaza bersejarah di tengah kota, Onze-Lieve-Vrouwekathedraal(Cathedral of Our Lady), dan Stadhuis (balai kota) yang sangat megah.

Kafe dan restoran sangat mudah untuk dijumpai di seputar Grote Markt. Saya sangat menyarankan anda untuk mencicipi Belgian waffles jika anda bersantap di kafe atau restoran di Antwerp.

Setelah puas menjelajahi Centrum, saya berjalan melewati Botanical Garden menikmati keindahan bunga-bunga yang baru mulai mekar di musim semi.

Saya kemudian berjalan ke China Town yang letaknya tidak jauh dari Stasiun Antwerp Central, menikmati keunikan perpaduan arsitektur China dan Eropa.

ARYA DARU PANGAYUNAN Bank van Belgie di Antwerp, Belgia.

Setelah lelah berjalan, sambil melihat sunset dan menunggu kereta, saya menikmati Belgian beer di sebuah kafe di dekat stasiun.

Jika anda menyukai bir, saya sangat sarankan untuk mencicipi aneka bir di Belgia karena Belgia sangat terkenal atas birnya yang jenisnya sangat beragam.

Sebenarnya terdapat kereta yang dapat langsung menuju Den Haag dari Antwerp, namun saya kurang beruntung karena jalur kereta yang seharusnya saya lewati sedang mengalami perbaikan sehingga saya tidak bisa melakukan perjalanan langsung.

Saya harus naik kereta ke Noorderkempen lalu disambung dengan bus menuju Breda yang sudah berada di wilayah Belanda.

Dari Breda saya kembali menggunakan kereta menuju Den Haag dengan transit di Rotterdam. Tiket kereta yang saya bayarkan sebesar 27 Euro sudah mencakup semua perjalanan dari Antwerp hingga Den Haag, termasuk bus dari Noorderkempen ke Breda.

Total waktu perjalanan dari Antwerp ke Den Haag tidak lebih dari 2,5 jam, termasuk waktu transit.

ARYA DARU PANGAYUNAN De Keyserlei, salah satu jalan utama di kota Antwerp, Belgia, menghadap Stasiun Antwerp Central.

Perjalanan tersebut mungkin terkesan merepotkan bagi sebagian orang, namun bagi saya justru menjadi petualangan yang menyenangkan.

Selain kereta api, untuk menuju Den Haag sebenarnya juga terdapat moda yang praktis, yaitu bus dengan biaya yang lebih murah dari kereta api seperti Flixbus dan Eurolines, namun tiket harus dipesan melalui internet menggunakan kartu kredit.

Demikian perjalanan saya dari Brussel ke Den Haag dengan singgah melalui Antwerp. Sebenarnya jika memiliki waktu lebih lama di Antwerp, masih sangat banyak obyek wisata lain yang layak untuk dikunjungi, seperti museum-museum dan area pelabuhan. (ARYA DARU PANGAYUNAN, diplomat muda Kemenlu yang saat ini menjalani pelatihan diplomasi di Clingendael Academy, Den Haag, Belanda)

******

KompasTravel menghimpun 48 destinasi di seluruh Indonesia yang cocok dengan preferensi traveling Anda. Mulai dari indahnya wilayah barat Indonesia yakni Provinsi Aceh, hingga eksotisme kawasan timur Nusantara yakni Raja Ampat dan Papua.

Inilah Visual Interaktif Kompas (VIK) Vakansi Indonesia: http://vik.kompas.com/vakansi/

VIK Vakansi Indonesia adalah panduan lengkap untuk destinasi traveling Anda selanjutnya. KompasTravel juga menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan, mulai dari how to get there, where to stay, what to do, what to eat, dan what to buy. Opsi transportasi dan akomodasi hadir dalam dua jenis, yakni koper dan ransel.
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2017/04/02/091000127/perjalanan.dari.brussel.ke.den.haag.mampirlah.di.antwerp

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>