Peluncuran Ayla-Agya 1.2 Tinggal Menunggu Hari

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana peluncuran Agya dan Ayla bermesin 3NR-VE 1.2-liter DOHC Dual VVT-i, empat silinder segaris, sudah tinggal menuggu hari. Sebelumnya kabar beredar kalau si anak kembar Toyota dan Daihatsu ini akan meluncur di pameran Indonesia International Motor Show akhir April, tapi ternyata dimajukan di 7 April 2017.

Hal ini seperti disampaikan Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM) saat dijumpai dalam acara Safety Workshop di Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017).  “Undangannya sudah sudah masuk kan ya tanggal 7 April nanti,” ujar Soerjo saat membicarakan mengenai Agya model baru.

Namun, Soerjo masih belum ingin memberikan informasi lebih jauh mengenai Agya1.2L. Dirinya mengatakan, walaupun mengalami perubahan desain, dimensinya masih lebih kecil dari Etios Valco, di mana ada di segmen mesin yang sama.

“Jadi pada saat kami survey, dimensinya juga berbeda dibanding Etios. Nanti coba saja dibandingnkan,” tutur Soerjo.

Baca juga : Simak Bocoran Baru dari Varian Ayla-Agya 1.2

Membunuh Etios?

Dari ukuran mesin, Agya-Ayla tampak akan semakin menggerus Etios Valco yang penjualannya saat ini terus merosot. Namun Soerjo masih mempertahankan statemen, kalau Etios tidak akan terganggu dan marketnya masuk ke fase stabil.

“Tidak juga, karena nanti secara penyajian interior dan eksteriornya juga berbeda, tidak sama. Ini seperti nasib Kijang saat Avanza baru hadir, di mana lama-kelamaan penjualannya stabil dan tidak terganggu lagi oleh model baru lainnya, dan bertahan di 4.000 unit saja, dan tetap segitu saat Sienta juga lahir,” ujar Soerjo.

“Sementara Etios saat ini ada di kisaran 80-100 unit perbulannya, dan sudah tidak lagi terganggu dengan jualannya Agya,” kata Soerjo.

Sebagai informasi harga Etios saat ini mulai dari Rp 150,5 juta varian paling murah, lalu tipe E M/T Rp 165,1 juta, sementara Rp 176,3 juta untuk tipe G M/T. Sementara untuk Agya, tipe E M/T ada di angka Rp 116,98 juta, E A/T Rp 128,71 juta, G M/T Rp 124,98, G A/T Rp 135,01, TRD S M/T Rp 129,08 juta, dan TRD S A/T Rp 139,61 juta.

Jika varian baru Agya-Ayla ada penambahan harga mulai dari Rp 5 juta sampai 10 juta saja, setidaknya harganya bakal semakin mendekati Etios Valco. 

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2017/03/29/190800515/peluncuran.ayla-agya.1.2.tinggal.menunggu.hari

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>