Mobil Listrik Tercepat Jadi Milik China

Beijing, KompasOtomotif – Revolusi teknologi dari China merambah ke mobil listrik. Merek baru siap tampil, yaitu Nio, dengan supercar listrik bernama EP9 sebagai model pertama yang akan dibuat demi ambisi menyaingi Tesla Motors.

EP9 di atas kertas sangat impresif. Mobil ini dilengkapi dengan motor elektrik yang bergerak lewat girboks individual, menghasilkan tenaga yang cukup untuk melesatkan mobil dari diam ke 100 kpj dalam 2,7 detik. Kecepatan maksimal mendekati 320 kpj.

Informasi tambahan lain memang masih terbatas. Nio belum membocorkan penggunaan baterai EP9. Yang jelas, EP9 diklaim sanggup menjelajah sampai 424 km. Pengisian ulang baterai juga cepat, dari kosong ke penuh cuma 45 menit!

Leftlanenews Tampang futuristik Nio EP9.

Desainer berusaha mengurangi berat dari berbagai sisi, termasuk membuat bodi dan sasis dari karbon fiber. Sebagai hasilnya, bobot supercar ini cuma menyentuh 1.734 kg.

EP9 tampak meyakinkan, dan jika dilihat dari kemampuannya, seharusnya mampu melampaui kecepatan Lexus LFA, Nissan GT-R Nismo, atau Dodge Viper ACR. Mobil ini juga bisa menjadi mobil listrik tercepat yang pernah diproduksi.

Hanya akan ada enam prototipe Nio EP9 yang akan dibangun, berdasarkan tulisan CNET, (22/10/2016). Masa-masa produksi sudah mulai dibicarakan dengan investor, diperkirakan melakukan debut tahun depan.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/23/102100915/mobil.listrik.tercepat.jadi.milik.china

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>