Mengapa Sabah Dijuluki “Land Below The Wind”?

KINABALU, KOMPAS.com – Sabah adalah salah negara bagian Malaysia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Beragam jenis wisata tersebar di Sabah, misal wisata petualangan di Gunung Kinabalu dan arung jeram di Sungai Padas. Ada pula wisata untuk keluarga seperti di Desa Cattle Farm, Kundasang, Ranau.

Selain terkenal dengan obyek wisata Gunung Kinabalu, Sabah punya slogan. Pemandu wisata program “Sabah Familiarization Trip” Bobby Wesley menyebut Sabah sebagai “Land Below the Wind”.

“Sabah itu letaknya di bawah pertemuan Laut Cina Selatan dan Laut Sulu. Itu tidak kena angin taifun,” kata Bobby kepada KompasTravel di sela-sela pendakian Gunung Kinabalu beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Kisah Mistis di Balik Gunung Kinabalu Malaysia

Menurutnya, Sabah tak pernah mendapatkan gangguan iklim berupa angin taifun seperti yang biasa dialami oleh Filipina, Taiwan, dan Jepang. Pengaruh angin taifun di Sabah, lanjut Bobby, hanya menyebabkan hujan.

“Oleh karena itu Sabah disebut sebagai ‘Land Below the Wind’,” ujar Bobby.

Bobby menyebut julukan tersebut didapatkan Sabah karena Sabah tak mengenal moonsoon. Moonsoon sendiri adalah fenomena perubahan iklim secara ekstrem yang terjadi akibat adanya perubahan tekanan udara secara ekstrim di kawasan daratan India dan Lautan Hindia.

BACA JUGA: Keren, Bisa Internetan di Puncak Gunung Kinabalu

Perubahan tekanan udara ini akan menyebabkan terjadinya angin sangat kencang (jet stream effect) dari lautan lepas menuju daratan.

Sabah saat ini bisa diakses dari Bandara Soekarno Hatta, Jakarta menggunakan penerbangan langsung maskapai AirAsia. Wisatawan akan mendarat di Bandara Kota Kinabalu.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/12/02/060500027/mengapa.sabah.dijuluki.land.below.the.wind.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>