Mau Icip-icip Kuliner Unggulan Desa Wisata? Datang Ke Sleman

SLEMAN, KOMPAS.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman bakal menggelar Festival Desa Wisata pada Sabtu (19/11/2016) dan Minggu (20/11/2016).

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk gelar potensi desa wisata tersebut akan dipusatkan di Desa Wisata Sangurejo, Wonokerto, Turi, Sleman.

Adapun nantinya, akan dipamerkan berbagai macam kekayaan kuliner dan atraksi unggulan dari masing-masing desa wisata yang ada di Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi, menjelaskan bahwa dalam ajang ini wisatawan dan masyarakat umum akan dapat mengetahui gambaran potensi unggulan dan kompleksitas masing-masing desa wisata Kabupaten Sleman.

TRIBUN JOGJA/HAMIM THOHARI Soto Bathok Mbah Katro di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta.

Selama dua hari tersebut akan dipamerkan potensi kuliner dan atraksi unggulan masing-masing desa wisata.

Untuk aspek kuliner akan ditampilkan berbagai menu makanan ringan atau snack dan makan siang di masing-masing desa wisata. Sedangkan untuk atraksi unggulan berupa kesenian atau atraksi lain yang diunggulkan seperti pertunjukan seni, simulasi pemandu atau penjelasan produk.

Pada hari pertama, Sabtu (19/11/2016) menampilkan Desa Wisata Sambi, Plempoh, Srowolan, Bokesan, Gabugan, Ledoknongko, Dukuh, Nawung, Garongan, Brajan, Sukunan, Tunggularum, Kadisobo II, Pancoh, Blue Lagoon.

Pada hari kedua, Minggu (20/11/2016) menghadirkan Desa Wisata Ketingan, Malangan, Nganggring, Sangurejo, Mlangi, Palgading, Temon, Jethak II, Gamplong, Kelor, Rumah Domes, grogol, Brayut.

KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Menu tengkleng gajah tongseng merupakan salah satu menu favorit yang disajikan Warung Tengkleng Gajah berkuah kental bercita rasa khas dengan tulang dan daging kambing berukuran besar. Warung ini berlokasi di Sleman, DI Yogyakarta.

Evie menambahkan bahwa pada saat ini perkembangan desa wisata secara umum cukup menggembirakan karena semakin banyak wisatawan yang melirik desa wisata khususnya di Kabupaten Sleman untuk aktivitas wisatanya.

Bahkan banyak sekolah-sekolah yang berasal dari luar kota sering datang berkali-kali ke beberapa desa wisata di Kabupaten Sleman, di antaranya dari Jakarta, Tangerang, Surabaya, Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, bahkan ada desa wisata di Sleman yang kerap kali kedatangan tamu dari Mesir, Republik Ceko, dan Malaysia. (Tribun Jogja)
Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/16/161400127/mau.icip-icip.kuliner.unggulan.desa.wisata.datang.ke.sleman

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>