Lemas, Yamaha Xabre Disuntik ”Vitamin Baru”

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Xabre yang sebelumnya digadang-gadang bakal menjadi model breaktrough dengan konsep yang belum pernah ada, ternyata kurang diminati. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun akhirnya menyuntikkan ”vitamin baru”.

Suplemen tambahan itu berupa warna dan grafis baru yang dikatakan lebih muda, gagah, sekaligus ekstrem. Pola yang baru tak banyak menggunakan kombinasi warna. Feeling gagah didapatkand ari warna matte alias dof. Lalu, font ”XABRE” juga berubah.

YIMM menawarkan tiga warna baru, yakni Green Army, Matte Red, dan Silver White. Green Army terinspirasi warna hijau kebanggaan militer dan terkesan misterius, dikombinasikan dengan kuning. Sementara Matte Red dan Silver White, Yamaha memercayakan kekuatan warna dof.

Xabre pertama kali diluncurkan Yamaha pada Januari 2016 bersama rider tim Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, di Bali. Konsepnya unik dengan desain radikal, membuat pengendara berkesan naik supermoto.

dok.Yamaha Yamaha Xabre dengan warna baru

Tapi konsep baru tak selalu mendapat sambutan hangat. Pada awalnya Xabre seakan lari kencang, namun akhir-akhir ini lesu. Simak saja data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), setelah meluncur Januari, distribusi mencapai 4.000-an unit sebulan, dan itu berjalan selama dua bulan, yaitu Februari dan Maret tahun lalu.

Dari sana, penjualan terus merosot menjadi 2.000-an unit, 1.000-an, hingga mulai menyentuh angka ratusan jelang akhir tahun 2016. Kondisi Xabre yang kurang darah berlanjut sampai awal 2017. Paling tidak pada dua bulan terakhir. Xabre cuma terdistribusi 497 unit (Januari) dan 560 unit (Februari).

Untung, YIMM masih punya senjata pamungkas, yakni ekspor. Model ini menyumbang 4.900 unit tahun lalu. Pada Januari dan Februari tahun ini, Xabre juga dikirim ke negara tetangga masing-masing 700 dan 800 unit.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2017/04/02/120500615/lemas.yamaha.xabre.disuntik.vitamin.baru.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>