Jepa, Makanan Pokok Di Mamuju Yang Kian Langka

MAMUJU, KOMPAS.com – Bukan nasi, jagung atau sagu, melainkan Jepa makanan pokok masyarakat yang bermukim di daerah Mamuju, Sulawesi Barat.

Ya, Jepa merupakan makanan pokok, jauh sebelum nasi menjadi makanan utama. Jepa terbuat dari singkong yang dikukus kemudian ditumbuk halus dan dibakar di atas tembikar.

Teman makan Jepa adalah ikan masak layang berbumbu cabai dan santan gurih. Dengan cara dicocol, Jepa menjadikan makan siang Anda demikian istimewa.

KompasTravel beruntung masih menemukan makanan pokok ini di Mamuju, Sulawesi Selatan. Tepatnya di sebuah warung tradisional dekat Bandara Tampa Padang.

(BACA: Soto Ceker Pinggir Jalan di Jakarta Ini Rekomendasi Pakar Kuliner Asal Australia)

Menurut Hasnah (35), pemilik warung, Jepa kini semakin langka. Dia hanya bisa ditemukan di warung-warung tradisional yang dikelola masyarakat asli Mamuju atau Sulawesi. 

“Selain itu, Jepa juga hanya bisa ditemui di perayaan-perayaan besar, pesta perkawinan atau hajatan kalangan berada,” tutur Hasnah.

Karena Jepa semakin langka, tak banyak orang yang mampu memasaknya. Hasnah pun tidak setiap hari menyajikannya sebagai menu di warungnya.

Hanya ketika para pelanggannya saja yang meminta dia memasaknya untuk dihidangkan sebagai menu makan siang keesokan harinya.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/10/24/170400027/jepa.makanan.pokok.di.mamuju.yang.kian.langka

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>