Jangan Paksakan Kemampuan “Off-Road” Pikap Kabin Ganda

Jakarta, KompasOtomotif – Pikap kabin ganda identik pekerja keras yang biasa dipakai jadi solusi transportasi di medan berat. Seiring perkembangan teknologi, perlengkapan off-road pun semakin modern. Namun, kendati punya senjata lengkap, model ini juga punya keterbatasan.

Rata-rata pikap kabin ganda yang dijual di dalam negeri punya spesifikasi penggerak semua roda. Tetapi buat tangguh di medan off-road, tidak cukup hanya mengandalkan hal itu. Ada banyak faktor lain yang menentukan, misalnya ground clearance, approach dan departure angle,  serta jenis ban yang dipakai.

Istimewa Off-Road Sambut Kemerdekaan dan Hari Jadi Bhayangkara

Nah, menurut Konsultan dari Indonesia SmartDrive Momon S Maderoni, pengemudi wajib mengenali spesifikasi kendaraan yang dia gunakan. Hal ini berkaitan dengan keputusan untuk mengatasi rintangan off-road.

“Bijaksana menggunakan kendaraan, pada umumnya orang tidak bijaksana. Kita juga harus menyadari ada keterbatasan. Parahnya lagi, orang kita menganggap pikap kabin ganda itu jip. Padahal ini kan mobil kerja yag ditambahkan 4X4,” kata Momon di Bogor, Sabtu (12/11/2016).

Kenal kemampuan kendaraan menguatkan safety driving. Paham dengan potensinya mengurangi memaksa kendaraan di luar kemampuan yang bisa berujung bahaya. 

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/17/110100615/jangan.paksakan.kemampuan.off-road.pikap.kabin.ganda

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>