IOS 10.3 Sudah Bisa Diunduh, Bikin IPhone Makin Kencang?

KOMPAS.com – Apple akhirnya resmi merilis pembaruan sistem operasi iOS versi 10.3. Pengguna perangkat iOS di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sudah bisa mengunduh OS versi baru tersebut secara over-the-air atau menggunakan aplikasi iTunes di komputer.

iOS versi 10.3 datang dengan segudang fitur baru, terutama untuk aksesori earphone nirkabel AirPods. Namun, ada satu kelebihan yang ternyata tidak dicatat oleh Apple dalam log iOS baru ini.

Renaud Lienhart, pegawai Apple yang mengurusi iOS, melalui akun Twitter miliknya membeberkan bahwa iOS 10.3 membuat iPhone lebih kencang. Pasalnya, tim Apple telah memangkas berbagai animasi yang ada untuk membuat iPhone terasa lebih cepat.

“iOS 10.3 terasa ‘kencang’ karena beberapa animasi sedikit di-tweak dan diperpendek, untuk lebih baik,” kicau pemilik akun @NotoriousBUGS ini.

Advertisment

Salah satu animasi yang dirombak, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Rabu (29/3/2017), adalah saat pengguna keluar atau berpindah aplikasi.

Pengguna mungkin tidak menyadari adanya perubahan karena animasi berjalan begitu cepat. Akan tetapi, menurut pengalaman pengguna yang sudah mencoba iOS 10.3, iPhone memang terasa lebih cepat.

Dua fitur penting lainnya

Selain animasi, Apple menghadirkan sebuah fitur baru untuk AirPods. Melalui aplikasi Find My iPhone, pengguna dapat mencari aksesori itu, jika sulit untuk ditemukan.

Pengguna dapat membunyikan suara di AirPods untuk menemukan lokasinya. Selain itu, pengguna juga dapat melihat lokasi terakhir AirPods saat terkoneksi dengan iOS.

Perubahan paling signifikan, yang mungkin tidak terlalu disadari pengguna, adalah perubahan sistem file baru. Kini, iOS 10.3 menggunakan sistem penyimpanan bernama Apple File System (AFS).

Teknologi yang diperkenalkan pada ajang Worldwide Developer Conference 2016 lalu itu menggantikan sistem file sebelumnya, yakni HFS+.

AFS sendiri dikatakan bisa membuat kapasitas penyimpanan yang tersedia menjadi sedikit lebih besar. Sistem ini juga membuat enkripsi semakin baik.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, iOS 10.3 sudah tersedia di Indonesia. Besar file instalasi OS baru tersebut bervariasi sesuai perangkat, yakni antara 600 MB hingga 650 MB.

Baca: iPhone Lebih Stabil dari Android, Benarkah?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2017/03/29/11310047/ios.10.3.sudah.bisa.diunduh.bikin.iphone.makin.kencang.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>