Ini Syarat Pakai “Video Call” Di WhatsApp

KOMPAS.com – Setelah lama dinanti, fitur panggilan video (video call) akhirnya resmi hadir di WhatsApp. Update itu mulai diberikan oleh WhatsApp untuk pengguna di Indonesia mulai Rabu (16/11/2016) lalu.

Pengguna perangkat berbasis iOS dan Android di Indonesia sudah bisa menikmati fitur video call langsung melalui aplikasi WhatsApp di masing-masing perangkat.

Namun, untuk menjajal aplikasi tersebut, setidaknya ada dua syarat yang harus diperhatikan.

Baca: WhatsApp Video Call Resmi Hadir di Android dan iOS

Update aplikasi

Untuk melakukan panggilan video, kedua kontak harus sama-sama menggunakan versi WhatsApp yang mendukung. Jika belum, maka mereka harus memperbarui (update) aplikasi ke versi terbaru melalui Play Store. Jika tidak, WhatsApp akan menampilkan pesan error yang menyatakan kontak belum memperbarui aplikasi.

Pengguna iOS sudah mendapatkan pembaruan WhatsApp versi 2.16.17 yang memiliki fitur baru video call tersebut. Sementara itu, pengguna Android bakal menemukan fitur panggilan video melalui WhatsApp versi 2.16.352.

WhatsApp versi baru untuk iOS bisa diunduh di App Store melalui tautan berikut. Sementara itu, versi Android bisa diunduh melalui Play Store di tautan yang satu ini.

Untuk mengetahui cara menggunakan fitur video call, silahkan kunjungi tautan Begini Cara Pakai Video Call di WhatsApp.

Versi iOS dan Android

Saat ini, aplikasi WhatsApp memang masih bisa dijalankan di versi iOS dan Android lawas. Untuk pengguna iOS, aplikasi WhatsApp bisa digunakan dengan iOS versi 6.0 ke atas.

Sedangkan untuk OS Android, versi yang masih bisa menjalankan WhatsApp adalah versi 2.1 “Eclair” atau yang lebih baru.

Meski begitu, fitur video call tidak bisa bekerja di dua versi OS tersebut. WhatsApp mensyaratkan pengguna memakai iPhone dengan iOS 8 ke atas untuk menikmati fitur video call-nya.

Sementara itu, pengguna Android setidaknya harus menggunakan ponsel yang menjalankan versi Android 4.1 “Jelly Bean” atau yang lebih baru untuk memakai video call.

Lama ditunggu

Panggilan video sendiri merupakan fitur yang paling ditunggu-tunggu oleh pengguna WhatsApp. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg, sebagai induk perusahaan WhatsApp.

“Panggilan suara sudah tumbuh secara cepat, dan panggilan video merupakan permintaan teratas dari komunitas kami,” tutur Zuckerberg.

Kehadiran video call di WhatsApp sendiri akan bersaing dengan aplikasi dengan kemampuan serupa, seperti Google Duo dan Skype. Aplikasi chatting lain, misalnya Line dan WeChat, juga sudah dilengkapi fitur seperti ini.

Baca: Waspada, Penipuan Berkedok Aktivasi Video Call WhatsApp

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/18/20200077/ini.syarat.pakai.video.call.di.whatsapp

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>