Ini Lima Nota Kesepahaman Yang Diteken Indonesia Dan Perancis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kunjungan kenegaraan Presiden Perancis Francois Hollande ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (29/3/2017), menghasilkan penandatanganan lima nota kesepahaman atau MoU.

Pertama, MoU tentang kekuatan pertahanan. Kedua, MoU tentang kerja sama pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

Ketiga, MoU tentang riset ilmiah, teknologi dan informasi. Keempat, MoU tentang kemitraan Perancis-Indonesia Nusantara. Kelima, MoU tentang peningkatan di sektor pariwisata.

Adapun lima MoU tersebut ditandatangani oleh menteri terkait dari Indonesia dan Perancis dan disaksikan langsung oleh masing-masing kepala negara.

Saat joint press statement di penghujung kunjungan kenegaraan, Presiden Joko Widodo menyambut baik pendandatanganan lima MoU itu.

“Kami sepakat untuk memperkuat komitmen kedua negara dalam meningkatkan hubungan baik. Indonesia dan Perancis memiliki hubungan kerja sama strategis yang sangat baik,” ujar Jokowi.

Presiden Hollande juga menyampaikan hal senada. Perancis berkomitmen untuk memperdalam kerja sama yang sebelumnya sudah terjalin.

“Kami ingin memperdalam kemitraan tersebut melalui sejumlah persetujuan yang ditandatangani hari ini,” ujar Hollande.

(Baca juga: Presiden Perancis ke Indonesia, Ini Kerja Sama yang Akan Ditingkatkan)

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2017/03/29/13414971/ini.lima.nota.kesepahaman.yang.diteken.indonesia.dan.perancis

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>