Hyundai Tak Mau Ketinggalan Punya Mobil Listrik

Yongin, KompasOtomotif – Merek asal Korea Selatan, Hyundai, mulai mengembangkan arsitektur mobil yang didedikasikan pertama kali khusus kendaraan listrik. Ini merupakan upaya mereka mengejar ketertinggalan dari Tesla, yang sudah memiliki banyak model dengan kemampuan jarak tempuh yang jauh.

Mengutip Autoblog dari Reuters, Jumat (31/3/2017) pihak Hyundai mengakui, platform tersebut memang tidak akan jadi dalam waktu dekat. Namun terkait mobil listrik, Hyudai bersama dengan Kia, pada tahun ini akan hadirkan mobil listrik Sport Utility Vehicle (SUV), dari model yang sudah ada saat ini.

“Hyundai akan meluncurkan SUV listrik, diikuti oleh model saudara Kia Motors tahun depan, karena ada permintaan yang besar di segmen ini,” ujar Lee Ki-sang, pimpinan proyek mobil ramah lingkungan Hyundai-Kia.

Sementara untuk model sub-compact atau compact tersebut, akan memiliki kemampuan jarak tempuh mencapai 300 kilometer, untuk satu kali pengecasan. Angka ini membawa produk Hyundai-Kia punya daya saing, jika dibanding dengan merek lain.

Digitaltrends.com Hyundai Tucson Fuel Cell ix35.

Diakui, kalau pengembangan ini membutuhkan suntikan dana yang tidak sedikit, apalagi jika harus bisa menyusul Tesla, yang sudah beberapa langkah di depan. Namun Lee masih optimistis ini akan berbuah manis di masa depan.

“Platform kendaraan listrik akan membutuhkan investasi di muka yang sangat tinggi, tapi kami melakukan ini untuk mempersiapkan masa depan,” ujar Lee.

Para analis mengatakan Hyundai tidak punya pilihan lain, selain ikut membangun platform kendaraan listrik yang terpisah dari model konvensional, untuk menjadi relevan dan diakui di segmen ini.

“Platform terpisah mungkin menimbulkan kerugian pada awalnya. Namun Hyundai akan tertinggal oleh pasar, jika mereka juga tidak menawarkan model jarak jauh, seperti 300 km, 500 km dan 600 km,” ucap Ko Tae-bong, seorang analis di Hi Investment & Securities.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2017/04/01/082500615/hyundai.tak.mau.ketinggalan.punya.mobil.listrik

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>