Gerry Salim Dan Balapan Perdana Di Kelas AP 250

JOHOR, KOMPAS.com – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Gerry Salim, tahun ini menjalani musim pertamanya pada Asia Production 250cc yang merupakan salah satu kelas di Asia Road Racing Championship (ARRC).

Tahun lalu, Gerry turun di kelas Supersport 600cc (SS 600) dan berada di peringkat ke-9 pada klasemen akhir. Meski mengaku lebih senang balapan di kelas Supersport, Gerry tetap siap bersaing di kelas barunya.

“Ya, memang harus beradaptasi dan belajar beberapa hal baru lagi. Saya juga harus siap fight karena di AP 260 pesertanya jauh lebih banyak,” kata Gerry saat ditemui KOMPAS.com di Sirkuit Johor, Malaysia, Jumat (31/3/2017).

Tahun ini, AP 250 diikuti 28 pebalap, sementara di kelas SS 600 hanya ada 16 pebalap. Gerry juga menjelaskan bagaimana dia harus terbiasa untuk melakukan slipstream di kelas AP 250.

“Kalau di Supersport, memang lebih butuh skill. Taktik dan teknik juga harus sangat dipikirkan. Misalnya, saya harus berpikir bagaimana menjaga ban sepanjang balapan,” kata pebalap 19 tahun tersebut.

“Kalau di kelas AP 250, ban tidak terlalu jadi beban,” kata Gerry. Dia lalu memberi contoh saat menjalani hari pertama seri pembuka ARRC 2017 di Sirkuit Johor, Jumat.

Dia turun pada tiga sesi latihan dan melakukan total 30 putaran. Selama periode tersebut, dia hanya memakai satu ban.

PIPIT PUSPITA RINI/KOMPAS.COM Pebalap Repsol Honda Racing Team, Gerry Salim, kembali ke paddock setelah menyelesaikan sesi latihan kedua Asia Production 250cc pada seri perdana Asia Road Racing Championship (ARRC) 2017 di Sirkuit Johor, Malaysia, Jumat (31/3/2017).

Selain bersaing di ARRC, Gerry juga ambil bagian pada ajang balap Asia Talent Cup (ATC). Bagi Gerry, ini merupakan tahun ketiga dia ikut balapan yang diprakarsai oleh Dorna tersebut.

Gerry sudah turun pada dua seri pertama ATC 2017 yaitu di Sirkuit Internasional Chang, Thailand, dan di Sirkuit Internasional Losail, Qatar. Seri kedua di Qatar digelar akhir pekan kemarin.

Selain Gerry, pebalap AHRT yang juga ambil bagian pada balapan ATC dan ARRC adalah Irfan Ardiansyah, yang turun di kelas Supersport 600cc.

“Dari Qatar, mereka langsung ke Malaysia untuk ikut ARRC ini, dan belum balik ke Indonesia,” kata Anggono Iriawan, Senior Manager Safety Riding and Motorsport Department AHM.

“Mereka harus cepat beradaptasi dengan motor baru. Gerry memang sama-sama pakai motor 250cc, tetapi kan berat dan beberapa hal lainnya berbeda. Apalagi Irfan yang motornya memang berbeda jauh,” kata Anggono lagi.

Pada balapan ATC, motor yang digunakan semua pebalap sama yaitu Honda NSF250R. Motor ini lebih ringan dibanding CBR250RR yang dipakai Gerry balapan di AP250cc.

Gerry akan mengawali balapan seri pertama di Sirkuit Johor dari posisi start ketiga. Balapan pertama akan berlangsung Sabtu (1/4/2017) mulai pukul 14.00 waktu setempat (13.00 WIB).

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2017/04/01/12190711/gerry.salim.dan.balapan.perdana.di.kelas.ap.250

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>