Ford Patenkan “Airbag” Model Baru

London, KompasOtomotif – Perhatian pembuat mobil untuk meningkatkan keaman pada pengemudi terus berkembang. Selain untuk menambah nilai jual mobil dari sisi marketing, ini bisa jadi cerminan kemajuan teknologi.

Seperti yang dilakukan Ford, mengutip Autoguide.com, Jumat (24/3/2017). Merek asal Amerika ini baru saja mematenkan airbag headliner baru, yang disematkan pada bagian atap kabin mobil, tentunya untuk melindungi kepala bagian atas.

Komponen keselamatan baru ini, diharapkan bisa memberikan proteksi ketika mobil terguling di jalan. Walaupun kenyataanya, cukup jarang kecelakaan dengan kondisi mobl terguling. Alasan itu yang mendasari Ford mengembangkan fitur ini. Aplikasi paten diajukan di Inggris Raya pada tanggal 16 September 2016 dan diterbitkan pada 22 Maret 2017.

Pada dasarnya, airbag akan berada di antara headliner (plafon) dan roof panel, dan ketika mobil terguling, airbag akan mengembang dan mendorong plafon ke bagian bawah (arah kepala pengemudi) dan membuat ruang antara plafon dan atap mobil. Sehingga kepala tidak berenturan langsung dengan atap.

Satu titik kunci dalam aplikasi paten ini adalah, airbag tersebut dapat diintegrasikan pada kendaraan yang ada, tanpa perlu mengubah struktural utama.Ini membantu mengurangi waktu pengembangan dan biaya.

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2017/03/24/170300715/ford.patenkan.airbag.model.baru

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>