Fadli Zon: KPK Lembaga Antikorupsi Terkuat Di Dunia

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan lembaga antikorupsi terkuat di dunia.

Pernyataan itu disampaikan Fadli saat menjawab pertanyaan peserta diskusi untuk membuat KPK menjadi lembaga superbody.

“Saya kira saat ini KPK sudah jadi lembaga sangat kuat. Kalau boleh dibilang KPK ini komisi pemberantasan korupsi yang terkuat di dunia. Saya tidak tahu negara mana yang lebih kuat,” kata Fadli dalam acara Internasional Business Integrity Conference (IBIC) 2016 bertajuk “Korupsi, Bisnis, dan Politik: Tayangan Utama dan Solusi”, Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Menurut Fadli, kekuatan KPK dapat terlihat dari banyaknya pelaku tindak pidana korupsi yang diproses.

Tidak hanya dari eksekutif dan legislatif, penegak hukum juga tak luput dari radar KPK.

“Coba lihat saja anggota DPR, DPD, menteri, gubernur, yang belum ada record-nya presiden aja. Jaksa, polisi, semua kena. Selalu mental kalau berkaitan dengan presiden, baik yang dulu maupun yang sekarang,” ucap Fadli.

Fadli menyebutkan, terdapat pertanyaan dari pemerintah daerah untuk menjelaskan daerah abu-abu dalam sebuah regulasi yang dapat berujung pada tindak pidana korupsi.

“Misalnya, saudara Irman (Ketua DPD Irman Gusman) memperjuangkan aspirasi gula, batasnya itu dimana. Kita mau perjuangkan aspirasi gula, kemudian memang disitu ada konflik kepentingan. Kami anggota dewan harus perjuangkan tapi sampai di batas mana,” ujar Fadli.

Seperti diketahui, Irman Gusman menjadi tersangka suap. Dia diduga menerima uang Rp 100 juta dari dari Direktur CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto dan istri Xaveriandy, Memi.

Suap tersebut terkait pengaturan kuota gula impor dari Perum Bulog untuk disalurkan ke Sumatera Barat.

Irman diduga menggunakan pengaruhnya untuk mengatur pemberian kuota gula impor dari Perum Bulog kepada perusahaan milik Xaveriandy.

 

Sumber:

http://nasional.kompas.com/read/2016/11/17/18044941/fadli.zon.kpk.lembaga.antikorupsi.terkuat.di.dunia

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>