Balapan GP Qatar Bisa Berubah Jadi Siang

LOSAIL, KOMPAS.com – Hujan lebat terjadi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, pada Jumat (24/3/2017) malam waktu setempat, setelah sesi latihan bebas ketiga MotoGP selesai digelar.

Hal ini memunculkan pertanyaan apakah mungkin sesi kualifikasi dan balapan yang seharusnya digelar Sabtu (25/3/2017) dan Minggu (26/3/2017) malam digeser menjadi siang hari?

Manurut Motorsport.com, kemungkinan tersebut dibahas dalam pertemuan Safety Commision pada Jumat malam.

Hal ini akan diputuskan pada menit-menit terakhir, dengan mempertimbangkan jika ada sesi latihan (sebelum kualifiksai) yang berlangsung di bawah hujan dan pebalap menilai itu tidak aman karena masalah daya pandang yang kurang.

Jika hujan turun pada sesi latihan bebas keempat (FP4) yang seharusnya digelar pada Sabtu pukul 19.55 waktu setempat (23.55 WIB), pebalap bisa melakukan diskusi dan mengambil suara.

Banyak pebalap setuju agar balapan GP Qatar digelar siang hari, mulai sekarang, seperti yang dulu dilakukan pada 2004-2007, sebelum berubah menjadi balapan malam pada 2008.

Pada 2009, balapan GP Qatar ditunda dan harus digelar pada Senin karena badai terjadi di Sirkuit Losail pada Minggu malam. Sejak itu, balapan malam saat hujan turun tak lagi dipertimbangkan.

Bulan lalu, Safety Commision melalui Loris Capirossi dan Franco Ucini melakukan tes di sirkuit ini saat turun hujan dan mengaku tidak mengalami masalah penglihatan.

Namun, para pebalap masih tidak yakin dengan hal tersebut. Mereka tetap memilih balapan digelar siang hari.

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2017/03/25/07385091/balapan.gp.qatar.bisa.berubah.jadi.siang

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>