Apa Fungsi Sebenarnya “Headrest” Di Mobil?

Jakarta, KompasOtomotif – Dalam keadaan darurat, bagian keras headrest alias sandaran kepala mungkin saja dipakai buat memecahkan kaca atau guna lainnya sebagai tempat monitor tambahan penunjang hiburan penumpang mobil. Akan tetapi, fungsi utama sandaran kepala jauh lebih penting daripada itu, yaitu menyangga leher dan kepala agar tidak cedera.

“Fungsi headrest sebenarnya menahan beban leher pada saat terjadi benturan,” jelas Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator ADM, akhir pekan lalu.

Saat terjadi kecelakaan, daya dorong ke belakang bisa mengakibatkan leher cedera jika jok tanpa sandaran kepala. Cedera pada leher akibatnya sangat fatal, bisa cacat seumur hidup atau meninggal seketika.

“Kalau tidak ada sandaran kepala tulang leher bisa patah, Itu dari sisi keamanan. Kalau dari kenyamanan tentu bisa untuk sandaran kepala,” kata Anjar.

Sandaran kepala berfungsi optimal bersama perlengkapan keselamatan inti lain di dalam mobil yakni sabuk pengaman. Menggunakan sabuk pengaman berarti memosisikan tubuh menempel sempurna pada jok termasuk bagian leher tepat di depan sandaran kepala. 

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/29/152200215/apa.fungsi.sebenarnya.headrest.di.mobil.

Be the first to leave a comment. Don’t be shy.

Join the Discussion

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>